Rabu, 01 Maret 2017

Sentra Kerajinan Tembaga Kuningan Tumang

Berada di daerah kaki gunung Merapi-Merbabu, udara di desa ini terasa dingin menggigit di pagi hari. Namun, ketika waktu beranjak bersama dengan matahari yang mulai naik, geliat kawasan sentra pengrajin logam ini pun mulai terlihat. Perlahan tapi pasti, suara-suara palu yang beradu dengan bahan tembaga, kuningan, dan alumunium pun mulai bersahut-sahutan. Membuat desa yang baru saja mendapat kunjungan orang nomor satu RI ini semakin riuh.

Berdasarkan cerita jaman dulu, kawasan desa Tumang, yang secara administratif termasuk sebagai bagian dari Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, merupakan desa yang mata pencarian penduduknya berasal dari "wesi aji". Pengertian dari "wesi aji" ini adalah logam tembaga kuningan yang merupakan "wesi" atau logam, yang diubah menjadi berbagai macam barang sehingga menjadi "aji" atau bermanfaat. Pada awalnya, barang-barang yang dibuat masih sebatas perkakas rumah tangga berupa alat dapur seperti wajan, panci, dandang, kenceng/jedi, dan perkakas dapur lainnya. Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya jaman, kerajinan tembaga kuningan desa Tumang pun semakin berkembang pesat.

Proses Produksi Kerajinan Tembaga dan Kuningan
 
Setelah dikenalnya perkakas rumah tangga berkualitas yang diproduksi desa Tumang, kerajinan tembaga dan kuningan pun perlahan meningkatkan eksistensinya di bidang seni yang lebih tinggi. Masuk ke ranah dekorasi, interior, dan eksterior. Bermunculanlah produk-produk kerajinan bernilai seni tinggi mulai dari ukiran, kaligrafi, lampu, relief, hingga berbagai macam yang lumrahnya dibuat dari bahan lain seperti bak mandi, frame cermin, hingga furnitur seperti kursi dan meja hingga dekorasi rumah joglo.

Pemasangan Dekorasi Joglo Tembaga
Bersamaan dengan kemunculan berbagai macam produk baru tersebut, para pemuda desa Tumang yang memiliki gagasan jauh ke depan mulai memasarkan produk-produk tersebut agar dikenal masyarakat. Hasilnya, muncul berbagai sentra kerajinan tembaga dan kuningan di desa Tumang yang sudah mengirim ratusan hingga ribuan produk yang cakupannya sudah seluruh nusantara. Bahkan dunia.

Pusat Kerajinan Tembaga dan Kuningan Tumang Cepogo Boyolali

Mendapat Kunjungan Dari Presiden Jokowi

Hal tersebut pun akhirnya menarik perhatian pemerintah yang kemudian memberikan kemudahan bagi sentra kerajinan tembaga dan kuningan desa Tumang dengan program KITE. Agar produk-produk kerajinan tembaga dan kuningan Tumang dapat bersaing di pasar internasional. Menjadikannya salah satu produk unggulan Indonesia dan mampu memberikan manfaat kepada kawasan Desa Wisata Tumang, Cepogo, Boyolali agar selalu menjadi pusat kerajinan tembaga dan kuningan berkualitas. Yang tidak hanya dikenal oleh seluruh nusantara, tetapi juga dunia.

~ Iwan Jaya Logam Art, Pusat Kerajinan Tembaga dan Kuningan

0 komentar:

Posting Komentar